Kabar - Siswa SMA Unggulan CT ARSA Sukoharjo Lulus 100 Persen, 140 Diterima di PTN & Beasiswa

Siswa SMA Unggulan CT ARSA Sukoharjo Lulus 100 Persen, 140 Diterima di PTN & Beasiswa
July 10, 2023 Root Application

Siswa SMA Unggulan CT ARSA Sukoharjo Lulus 100 Persen, 140 Diterima di PTN & Beasiswa



Foto: Devita Savitri/detikEdu

 

 

Solo - Kabar membanggakan datang dari acara wisuda SMA Unggulan CT ARSA Foundation yang digelar pada Kamis (6/7/2023) secara daring. Proses wisuda itu meluluskan 153 siswa, di mana 140 siswa dinyatakan sudah diterima di berbagai perguruan tinggi.

Kepala SMA Unggulan CT ARSA Foundation Sukoharjo, Usdiyanto menjelaskan prosesi wisuda angkatan ketiga dilakukan berbeda yakni secara daring. Hal ini berdasarkan imbauan dari Dinas Pendidikan terkait isu wisuda beberapa waktu lalu.

"Dikhawatirkan prosesi wisuda secara langsung akan memberatkan orang tua siswa dan sebenarnya anak-anak kita dibiayai oleh Ibunda (Anita Ratnasari Tanjung), tetapi di Jateng tidak ada sekolah yang melakukan wisuda," ungkap Usdiyanto dikutip dari detik Jateng, Jumat (7/7/2023).

Dengan demikian, 153 siswa yang lulus Kamis kemarin melakukan acara wisuda dari kediamannya masing-masing.

 

140 Siswa Diterima PTN & PTS

Usdiyanto menjelaskan dari 153 siswa yang lulus, 140 di antaranya sudah diterima di Perguruan Tinggi (PT) baik negeri atau swasta dengan berbagai jalur beasiswa.

Terbanyak di ITB dengan 26 siswa termasuk dengan lulusan terbaik SMA Unggulan CT ARSA Sukoharjo yakni Firda Dian Yudha Az Zahra yang diterima di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika-Rekayasa ITB.

Tak kalah membanggakan, salah satu siswa juga diterima di tujuh kampus top luar negeri yaitu Allin Alya Yasmin. Ia diterima di berbagai kampus seperti University of Toronto jurusan Biological Sciences and Neuroscience, dan Life Science; University of British Columbia jurusan Applied Science (Chemical Engineering); Monash University jurusan Engineering (Honours).

Kini tersisa 13 siswa yang tengah mengikuti seleksi di berbagai jalur mandiri dengan beasiswa.

"Masih ada 13 anak yang ikut jalur mandiri, semoga lolos semuanya. Jalur mandiri ada juga PT yang mewadahi KIP. Mereka tetap mencari PT jalur mandiri yang ada beasiswanya," ucapnya.

 

Putus Rantai Kemiskinan Melalui Pendidikan

Pada prosesi wisuda kemarin, Firda Dian Yudha Az Zahra selaku siswa terbaik memberikan sepatah dua patah terkait pendidikannya. Ia mengucapkan terima kasih kepada Ayahanda (Chairul tanjung) dan Ibunda (Anita Ratnasari Tanjung) terkait kesempatannya untuk mengenyam pendidikan.

"Saya mewakili angkatan ketiga (Angkasa Raya) SMA Unggulan CT ARSA Foundation Sukoharjo mengucapkan terima kasih kepada ayahanda dan ibunda karena berkat uluran tangan baik keduanya kami dapat mengenyam pendidikan SMA dengan kualitas yang amat baik," ungkap Firda.

"Visi dan misi ayahanda dan ibunda yang amat mulia untuk memutus rantai kemiskinan dengan pendidikan inilah yang menjembatani kami untuk menjadi orang-orang yang sukses di kemudian hari serta dapat meningkatkan derajat orang tua dengan bekal ilmu yang kami dapatkan" tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Ibunda Anita Ratnasari Tanjung selaku ketua CT ARSA Foundation mengucapkan selamat kepada angkatan Angkasa Raya yang sudah berhasil berjuang menyelesaikan pendidikan.

Ia juga menyatakan sesuai dengan visi misi CT ARSA Foundation dalam memutus rantai kemiskinan dengan pendidikan yang berkualitas tidaklah suatu langkah yang mudah.

"Semuanya dibutuhkan perjuangan. Tidak hanya bangunan megah sekolah yang dibangun, tetapi segala kebutuhan, keperluan yang menunjang untuk tercapainya pendidikan yang berkualitas bagi siswa dan siswi selama kalian mengenyam pendidikan tiga tahun di Sekolah Unggulan CT ARSA Foundation," kata Ibunda Anita.

Tapi dengan kerja sama yang baik dengan banyak pihak, visi dan misi tersebut mulai berangsur terwujud. Dengan bangga Ibunda Anita mengucapkan selamat kepada angkatan ketiga CT ARSA Foundation dengan persentase kelulusan yang sangat memuaskan.

"Bangga rasanya bunda kalian bisa masuk ke Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia," tutupnya.

Diketahui, nantinya lulusan SMA Unggulan CT ARSA Sukoharjo yang telah sarjana akan diberikan kesempatan oleh CT Corporation untuk bekerja setelah lulus. Lulusan CT ARSA dianggap sebagai pribadi yang pintar akademik, memiliki kepribadian yang baik sehingga memiliki kompetensi yang juga baik.

 

Selamat atas kelulusannya angkatan tiga SMA Unggulan CT ARSA Foundation!

 

Baca artikel detikedu, "Siswa SMA Unggulan CT ARSA Sukoharjo Lulus 100 Persen, 140 Diterima di PTN & Beasiswa" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6810452/siswa-sma-unggulan-ct-arsa-sukoharjo-lulus-100-persen-140-diterima-di-ptn--beasiswa.

Prev Next
Tags