Kabar - Menag: Madrasah Siap Terapkan Kurikulum Merdeka, 100% Ikuti Kemendikbudristek

Menag: Madrasah Siap Terapkan Kurikulum Merdeka, 100% Ikuti Kemendikbudristek
May 10, 2023 Root Application

Menag: Madrasah Siap Terapkan Kurikulum Merdeka, 100% Ikuti Kemendikbudristek



Foto: Mukhammad Fadlil/detikJateng

 

Jakarta - Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas menegaskan bahwa madrasah siap menerapkan Kurikulum Merdeka. Hal ini disampaikannya pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2023 kemarin.

Menag Yaqut menyebut peringatan Hardiknas sepatutnya tidak hanya jadi seremoni. Momen ini dinilai semestinya jadi komitmen bersama untuk terus mempercepat transformasi pendidikan agama dan keagamaan.

"Saya menyampaikan bahwa madrasah siap untuk menerapkan kurikulum merdeka belajar," ujar Menag di Surabaya (2/5/2023), dikutip dari rilis laman resmi Kemenag.

Guna mendukung kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI, Kemenag juga telah menerbitkan Keputusan Menteri Agama Nomor 347 Tahun 2022 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah.

 

"Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di madrasah, 100% mengikuti kebijakan Kemendikbudristek," ujarnya.

 

Menag mengatakan, Kemenag hanya melakukan adaptasi sesuai kebutuhan pembelajaran di madrasah untuk penguatan pendidikan agama Islam dan bahasa Arab yang menjadi ciri khasnya.

Pada 2022 lalu ada 2.471 madrasah yang menerapkan Kurikulum Merdeka. Menurut sosok yang akrab dipanggil Gus Men itu, tahun ini ada 26.169 madrasah jenjang RA, MI, MTs, dan MA/MAK yang mengaplikasikan Kurikulum Merdeka.

Menag Yaqut mengatakan bahwa jumlah tersebut memperlihatkan antusiasme warga madrasah dalam penerapan Kurikulum Merdeka dan tanda madrasah berani berubah.

Dia optimis transformasi oleh madrasah maupun satuan pendidikan lain di bawah Kemenag akan berdampak signifikan dalam kehidupan keagamaan di Tanah Air.

"Sekali lagi, selamat Hari Pendidikan Nasional. Mari bersama-sama terus bertransformasi untuk menghasilan pendidikan agama dan keagamaan yang lebih berkualitas," ungkapnya.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional kemarin tidak hanya diikuti oleh satuan kerja di bawah Kemendikbudristek saja. Puluhan ribu satuan kerja pendidikan di bawah Kementerian Agama juga turut serta.

Baca artikel detikedu, "Menag: Madrasah Siap Terapkan Kurikulum Merdeka, 100% Ikuti Kemendikbudristek" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6701938/menag-madrasah-siap-terapkan-kurikulum-merdeka-100-ikuti-kemendikbudristek.


Prev Next
Tags