Info - Mengenal 7P dalam Komunikasi Pemasaran
Mengenal 7P dalam Komunikasi Pemasaran
Penulis Vanya Karunia Mulia Putri | Editor Vanya
Karunia Mulia Putri
KOMPAS.com - Dalam komunikasi pemasaran, ada
konsep marketing mix 7P. Biasa dipakai untuk menentukan strategi apa yang cocok
dengan pemasaran perusahaan.
Selain 7P, ada pula bauran pemasaran 4P yang terdiri atas
Product (produk), Price (harga), Place (tempat), serta Promotion (promosi).
Bauran pemasaran 7P
Dilansir dari jurnal Strategi Komunikasi Pemasaran 7P
Pengelolaan Museum Sejarah Jakarta dalam Upaya Meningkatkan Daya Tarik
Wisatawan Mancanegara (2020) oleh Anissa Aprilia dan Herlinda, berikut 7P dalam
pemasaran:
· Product (produk)
Adalah segala sesuatu yang ditawarkan perusahaan kepada calon
konsumen. Contohnya produk kecantikan atau alat memasak.
Produk merupakan benda yang bisa disentuh atau dirasakan
konsumen ketika melihat serta memakainya.
· Price (harga)
Menurut Tatik Suryani dalam buku Manajemen Pemasaran Strategis
Bank di Era Global (2017), price berkaitan dengan biaya yang harus dikeluarkan
agar bisa mendapat produk.
Harga sebuah produk tidak harus murah. Konsumen rela mengeluarkan
biaya yang tidak sedikit hanya untuk merasakan kepuasan ketika memakai produk.
· Promotion
(promosi)
Salah satu poin penting dari marketing mix 7P ini menegaskan
bahwa promosi penting untuk mengenalkan produk kepada masyarakat.
Adapun promosi yang bisa dilakukan, antara lain melalui iklan,
promosi penjualan, serta penjualan tatap muka.
· Place (tempat)
Dikutip dari buku Komunikasi Pemasaran (2021) karya Arianto,
poin penting dalam bauran pemasaran 7P ini berkaitan dengan saluran
distribusinya.
Agar produk bisa tepat sasaran kepada calon konsumen,
penempatannya harus sesuai. Gunakan saluran distribusi yang mudah dijangkau dan
sesuai target konsumen.
· People (orang)
Salah satu poin yang harus ditegaskan dalam 7P bauran pemasaran
ini ialah semua pihak dalam perusahaan melaksanakan pemasaran.
Pihak yang dimaksud itu mulai dari staf penjualan hingga
direktur pelaksana. Tanpa keterlibatan pihak tersebut, proses pemasaran akan
makin sulit dijalankan.
· Process (proses)
Salah satu poin penting
dari 7P dalam pemasaran ini berhubungan dengan cara perusahaan melayani
permintaan konsumen.
Hal ini juga termasuk pemberian layanan, fasilitas, hingga
informasi yang dibutuhkan konsumen saat menggunakan produk.
· Physical
evidence (bukti atau tampilan fisik)
Poin terakhir dari 7P dalam bauran pemasaran ini mencakup lokasi
atau tempat usaha yang akan memberi penawaran kepada calon konsumen.
Hal lain yang termasuk di dalamnya, yakni penataan ruang,
bangunan fisik, hingga desain interior, seperti pencahayaan serta tampilan
layanan.