Info - Ingin Jadi Digital Marketing Sukses? Pastikan Punya Sifat ini
Ingin Jadi Digital Marketing Sukses? Pastikan Punya Sifat ini
Editor Bambang Priyo
Jatmiko
KOMPAS.com - Digital marketer jadi profesi yang cukup banyak dibutuhkan
belakangan ini. Seiring dengan perkembangan bisnis digital dan tingginya minat
pebisnis untuk terjun ke bidang tersebut, berbagai peluang karier pun juga
makin terbuka luas.
Tak cukup dengan mengandalkan kemampuan sendiri saja, para pebisnis juga
kerap menggunakan layanan jasa seorang digital marketer profesional untuk
membantu mereka memasarkan dan memaksimalkan bisnis yang mereka jalankan.
Sebagai pekerja di bidang pemasaran lainnya, digital marketer juga
dituntut dengan sejumlah target dalam setiap proyek yang mereka tangani.
Memiliki tanggung jawab besar dan juga target yang tinggi di dalam
pekerjaan, digital marketer memang harus memiliki kreatifitas yang tinggi
ketika bekerja. Mendapatkan pasar yang luas dan memenangkan persaingan menjadi
tugas rumit yang harus selalu dihadapinya.
Jadi wajar saja jika seorang digital marketer dituntut punya berbagai
keahlian sekaligus ketika bekerja. Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari
sosok seorang digital marketer, beberapa di antaranya bahkan sangat positif dan
bisa memberikan dampak baik dalam kehidupan.
1. Bekerja Keras hingga Tuntas
Digital merketer biasanya akan menangani pekerjaan yang kompleks dan
rumit, sehingga mereka terbiasa mengatasi segala sesuatunya dengan terencana.
Untuk menyelesaikan pekerjaannya hingga tuntas mereka terbiasa bekerja
keras, baik itu ketika bergabung dalam tim marketing atau bahkan ketika mereka
harus bekerja secara mandiri.
2. Teliti dan Punya Kemampuan Mengurus Hal secara
Detail
Bukan hanya terbiasa bekerja dengan terencana saja, digital marketer
juga memiliki ketelitian yang tinggi ketika bekerja. Mereka perlu meneliti
pasar dan melihat berbagai peluang yang ada di dalamnya, sehingga bisa
mengambil berbagai keputusan tepat terkait pekerjaannya.
Mereka memiliki kemampuan yang baik untuk mengurus segala sesuatunya
secara detail. Sehingga hasil pekerjaan yang didapatkan juga maksimal dan
sesuai dengan target dan rencana yang telah dibuat.
3. Bekerja secara Profesional
Selain keahlian dasar yang dimiliki, digital marketer juga terbiasa
dengan jadwal kerja yang ketat dan sangat padat. Hal ini membuat mereka bekerja
dengan profesional, bahkan meski mereka tidak menjalankan pekerjaan mereka
sebagai karyawan tetap di sebuah perusahaan.
Mereka memiliki kemampuan yang baik dalam mengatur waktu. Sehingga
berbagai pekerjaannya bisa selesai dengan baik dan sesuai dengan jadwal.
4. Kreatif dan Tanggap
Memaksimalkan pemasaran bukan pekerjaan yang mudah, sebab dibutuhkan
kreatifitas yang tinggi dalam urusan satu ini. Hal ini menjadi sesuatu yang
sangat biasa bagi digital marketer, mengingat mereka bisa saja harus menangani
banyak klien dengan berbagai produk yang berbeda sekaligus.
Digital marketer memiliki keatifitas yang tinggi dan tanggap terhadap
berbagai hal terkait dengan pekerjaan mereka. Terutama untuk digital marketing
yang terbiasa menganani berbagai produk beragam dengan tatangan pasar yang juga
berbeda-beda.
5. Mengambil Keputusan dengan Logis
Seorang digital marketer tidak terbiasa dengan keputusan yang
asal-asalan, terutama terkait dengan pekerjaan yang mereka lakukan.
Mereka akan menggunakan data dan menghitung berbagai hal penting yang
terkait dengan pekerjaan mereka, sebelum akhirnya mengambil sebuah keputusan.
Hal ini membuat mereka terbiasa mengambil keputusan yang logis di dalam setiap
kesempatan.
6. Memiliki Kemampuan Menulis yang Baik
Pemasaran harus dilakukan dengan banyak cara, termasuk dengan
menggunakan tulisan hingga gambar pendukung yang tepat. Digital marketer
memiliki kemampuan yang baik dalam menulis.
Sebab mereka harus menyampaikan pesan dengan cara yang tepat, termasuk
melalui tulisan yang mereka buat. Kemampuan mereka dalam memilih dan merangkai
kata seperti ini akan menjadi modal penting dalam meraih kesuksesan.
7. Memiliki Keahlian Khusus/Spesialisasi
Biasanya perusahaan akan mempekerjakan beberapa orang digital marketer
sekaligus untuk menangani pemasaran produk mereka, sebab ini bidang yang
membutuhakn banyak keahlian sekaligus.
Seorang digital marketer tidak akan menguasai semua hal di dalam digital
marketing, karena seorang marketer memang biasanya hanya menangani bagian
tertentu saja dalam sebuah proyek. Namun hal ini membuat mereka memiliki
keahlian khusus (spesialisasi) dalam bidang tersebut.
8. Pandangan Strategis untuk Jangka Panjang
Seorang digital marketer akan memiliki tugas yang panjang, mengingat
pemasaran tidak bisa dilakukan secara instan. Dibutuhkan waktu dan berbagai
cara yang tepat, sehingga pemasaran bisa berjalan dengan efektif dan berhasil
dengan sukses.
Hal ini membuat digital marketer terbiasa memiliki pandangan strategis
untuk jangka waktu yang panjang sekaligus.
Ambil Sisi Positifnya untuk Kebaikan
Setiap pekerjaan akan memiliki banyak keunikan tersendiri, termasuk sisi
positif yang bisa dicontoh. Hal ini juga bisa ditemukan dalam digital marketer
yang terbiasa menangani berbagai urusan pemasaran di dalam sebuah perusahaan.
Ambil berbagai sisi positif dari pekerjaan sebagai seorang digital
merketer ini sebagai contoh untuk menjalani hidup yang lebih baik lagi ke
depannya.