Info - 2.032 Calon Mahasiswa Lolos Jalur PPKB UI, Ini Tahapan Selanjutnya

2.032 Calon Mahasiswa Lolos Jalur PPKB UI, Ini Tahapan Selanjutnya
July 10, 2023 Root Application

2.032 Calon Mahasiswa Lolos Jalur PPKB UI, Ini Tahapan Selanjutnya



UI menerima 2.032 calon mahasiswa baru melalui jalur PPKB 2023. Berikut tahap lanjutan beserta dengan jadwal registrasinya. Foto: UI

 

Jakarta - 2.032 calon mahasiswa baru dinyatakan diterima di Universitas Indonesia (UI) melalui Jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) 2023 untuk program S1 Reguler, S1 Non Reguler, dan Program Pendidikan Vokasi. Hasil PPKB resmi diumumkan pada Senin (3/7/2023) dan dilanjutkan dengan proses verifikasi rapor yang diumumkan pada hari Jumat (7/7/2023) lalu pukul 16.00 WIB.

Dikutip dari rilis yang diterima detikEdu, Senin (10/7/2023), jalur PPKB UI 2023 memiliki total pendaftar sebanyak 13.270 peserta. Adapun peserta yang diterima, terdiri dari 455 peserta program S1 Reguler, 981 peserta program S1 Non Reguler, dan 596 peserta Program Pendidikan Vokasi.

Bila detikers menjadi salah satu calon mahasiswa baru yang lolos jalur PPKB UI 2023, yuk simak tahapan selanjutnya!

 

Tahap Lanjutan Camaba Jalur PPKB UI 2023

1. Pra-Registrasi

Jadwal: 7-14 Juli 2023

Calon mahasiswa baru (camaba) yang melakukan tahapan Pra-Registrasi PPKB UI 2023 adalah mereka yang lolos seleksi dan proses verifikasi rapor. Nantinya, Camaba akan memperoleh Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) untuk melakukan tahap Pra-Registrasi dengan ketentuan sebagai berikut:

- Pra-Registrasi dilakukan di laman http://pra-registrasi.ui.ac.id/apps/site/informasi.

- Login menggunakan NPM yang telah diperoleh.

- Pilih Program Studi yang didaftarkan.

- Isi data dan dokumen yang disyaratkan.

Untuk diingat, tahapan Pra-Registrasi penting dilakukan. Bila tidak, camaba tidak bisa lanjut ke tahap berikutnya.

2. Pembayaran Biaya Pendidikan

Jadwal: 10-17 Juli 2023

Pembayaran biaya pendidikan dibagi menjadi dua ketentuan bagi peserta S1 Reguler dan S1 Non Reguler serta Program Pendidikan Vokasi. Berikut ketentuannya:

Khusus S1 Reguler:

Khusus camaba S1 Reguler, UI menerapkan kebijakan penetapan biaya pendidikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang berkeadilan berdasarkan data dan hasil evaluasi kemampuan bayar penanggung biaya pendidikan. Tahap Evaluasi dan Penetapan UKT dilakukan dengan pengisian data lengkap di Sistem Informasi UKT UI di laman ukt.ui.ac.id.

Berdasarkan laman tersebut, data dan dokumen yang dibutuhkan yaitu:

- KTP calon Mahasiswa

- KTP orang tua/wali penanggung biaya pendidikan

- Kartu Keluarga

- Bukti SPP/Surat Keterangan Sekolah (jika bebas SPP)

- Slip Gaji / Surat Keterangan Penghasilan

- Mutasi rekening 3 (tiga) bulan terakhir milik penanggung biaya pendidikan

- SPT Tahun Terakhir/Surat Pernyataan Tidak Memiliki SPT Bukti Tagihan/Pengeluaran Listrik 3 (tiga) bulan terakhir

- Surat Pernyataan Tidak Merokok, jika anggota keluarga tidak merokok

- PBB terakhir rumah orang tua atau wali, jika memiliki rumah

- STNK motor dan atau mobil

- Surat Keterangan Tetangga Terdekat

- Surat Keterangan Kemampuan Ekonomi

- Surat Kontrak Mahasiswa Penerima Bantuan Biaya Pendidikan KIP-K, untuk calon penerima beasiswa KIP-K

Pengumuman dan penetapan biaya pendidikan akan dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2023. Bila sudah mendapat besaran UKT, camaba baru dapat melakukan pembayaran biaya pendidikan.

Khusus S1 Non Reguler dan Program Pendidikan Vokasi

Bagi camaba S1 Non Reguler dan Program Pendidikan Vokasi bisa langsung melakukan pembayaran biaya pendidikan per tanggal 10-17 Juli 2023 melalui Bank, ATM, Mobile Banking, atau Internet Banking.

Untuk diingat, biaya pendidikan yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan meski camaba mengundurkan diri. Biaya yang telah dibayarkan untuk dan atas nama mahasiswa tidak dapat dialihkan untuk pembayaran biaya pendidikan mahasiswa lain dan/atau jenjang/program pendidikan/jalur masuk lain.

3. Registrasi Akademik

Bila detikers sudah melakukan dua tahapan di atas, selamat, kamu akan dinyatakan sebagai mahasiswa baru UI 2023/2024! Tahapan selanjutnya adalah melakukan Registrasi Akademik menggunakan username dan password akun SSO UI. Keduanya akan dikirimkan melalui email sesuai data di tahap Pra-Registrasi.

Penting diingat, calon mahasiswa baru juga akan dinyatakan mengundurkan diri apabila tidak menyelesaikan Pra-Registrasi dan melakukan Pembayaran Biaya Pendidikan. Nah, itulah tahap selanjutnya untuk calon mahasiswa baru UI yang diterima melalui jalur PPKB. Selamat menjadi mahasiswa baru detikers!

 

Baca artikel detikedu, "2.032 Calon Mahasiswa Lolos Jalur PPKB UI, Ini Tahapan Selanjutnya" selengkapnya https://www.detik.com/edu/seleksi-masuk-pt/d-6814771/2032-calon-mahasiswa-lolos-jalur-ppkb-ui-ini-tahapan-selanjutnya.

Prev Next
Tags