Info - 8 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat UTBK SNBT 2023

8 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat UTBK SNBT 2023
May 10, 2023 Root Application

8 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat UTBK SNBT 2023, Cermati agar Tak Dipenalti!



Foto: Istimewa/dok UPN

 

Jakarta - Jelang pelaksanaan UTBK SNBT 2023, Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) mengumumkan apa saja peraturan sebelum, selama, dan sesudah berlangsungnya ujian.

Pelaksanaan UTBK gelombang pertama akan berlangsung dari tanggal 8 sampai 14 Mei 2023. Sementara itu, gelombang kedua dilaksanakan 22-28 Mei 2023.

Berdasarkan tata tertib UTBK 2023 yang dikeluarkan Tim SNPMB, peserta SNBT sudah harus tahu ruang dan lokasi ujian sehari sebelum tes. Peserta juga wajib bersepatu.

Menurut aturan tersebut, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan oleh peserta sebelum, saat, dan sesudah ujian. Apa saja?

 

Hal yang Dilarang saat UTBK SNBT 2023

1. Tidak boleh memakai kaos oblong atau t-shirt

 

2. Tidak boleh terlambat. Peserta harus tiba maksimal 30 menit sebelum ujian. Keterlambatan peserta mengakibatkan yang bersangkutan tidak boleh ikut ujian.

 

3. Tidak diizinkan masuk ruang ujian sebelum ada tanda diperbolehkannya masuk.

 

4. Tidak boleh membawa daftar logaritma, segala jenis kalkulator, kertas, buku, catatan dalam bentuk lain, alat komunikasi, kamera, modem, segala jenis alat perekam, dan jam tangan.

 

5. Tidak boleh bekerja sama dengan pihak mana pun ataupun berkomunikasi secara langsung/tidak langsung dan dengan metode komunikasi apa pun.

 

6. Tidak boleh menempati tempat duduk lain, harus duduk di tempat yang sudah ditentukan sesuai nomor peserta dan nomor meja.

 

7. Selama ujian berlangsung, tidak boleh:

·         Bertanya mengenai jawaban kepada siapa pun

·         Berkomunikasi atau bekerja sama dengan peserta lainnya

·         Berkomunikasi atau bekerja sama dengan pihak luar

 

8. Tidak boleh meneruskan pekerjaan dan harus tetap duduk saat bel ujian berakhir berbunyi. Peserta baru bisa meninggalkan tempat setelah diberi instruksi.

 

Berkas Wajib UTBK SNBT 2023

Sejumlah berkas yang harus dibawa oleh peserta UTBK SNBT 2023 adalah:

 

1. Kartu Tanda Peserta Ujian

 

2. Fotokopi ijazah SMA/SMK/MA/sederajat dan sudah dilegalisasi, atau surat keterangan sedang kelas 12 dari kepala sekolah yang disertai pasfoto berwarna terbaru dan dibubuhi cap sekolah, atau kartu identitas asli.

 

Demikian beberapa hal yang tidak diperbolehkan saat UTBK SNBT 2023 dan berkas yang perlu dibawa.

 

Baca artikel detikedu, "8 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat UTBK SNBT 2023, Cermati agar Tak Dipenalti!" selengkapnya https://www.detik.com/edu/seleksi-masuk-pt/d-6701674/8-hal-yang-tidak-boleh-dilakukan-saat-utbk-snbt-2023-cermati-agar-tak-dipenalti.

Prev Next
Tags